PENERAPAN TERAPI COOPERATIVE PLAY (SNAKES AND LADDERS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS

Rahmiwati, Putri and Iskandar, Siska (2023) PENERAPAN TERAPI COOPERATIVE PLAY (SNAKES AND LADDERS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti.

[img] Text (D3 Keperawatan)
PUTRI RAHMIWATI_202001030_KEPERAWATAN.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Masalah: Autis merupakan gangguan perkembangan yang ditandai dengan gangguan interaksi sosial yang terlihat dari kesulitan untuk berinteraksi dengan orang sekitarnya sehingga berdampak pada anak yang kurang berinteraksi dengan teman sebaya akan menarik diri dan tidak nyaman jika berkumpul dengan orang lain. Autis sejauh ini belum dapat disembuhkan tetapi dapat diatasi dengan cara pemberian terapi Cooperative play (snakes and ladders). adapun tujuan dari pemberian terapi cooperative play (snakes and ladders) yaitu untuk merangsang stimulasi Interaksi sosial, komunikasi, dan motorik anak. Tujuan: Penelitian ini adalah untuk Mengetahui penerapan terapi cooperative play (Snakes And Ladders) untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada anak autis di PK-PLK Mutiara Bunda Kota Bengkulu. Metodelogi: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi asuhan keperawatan yaitu Pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan, dan evaluasi keperawatan. Hasil: Penelitian yang dilakukan dalam 12 hari sebanyak 6 kali dengan interval 2 hari sekali didapatkan hasil terjadi peningkatan pada An.I dimulai pada hari ke 3 dan pada An.L terjadi peningkatan dimulai pada hari 2. Kata kunci: Autis, Gangguan interaksi sosial, Cooperative play (snakes and ladders)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: D3 Keperawatan
Depositing User: Library STIKes Sapta Bakti
Date Deposited: 02 Nov 2024 01:45
Last Modified: 02 Nov 2024 01:45
URI: http://repository.stikessaptabakti.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item