Indriani, Gita Agustya and Yani, Sutri (2022) Asuhan Keperawatan Gangguan Persepsi Sensori: Halusinasi Pendengeran pada Penyakit Skizofrenia dengan pemberian terapi thought Stopping. Diploma thesis, STIKes Sapta Bakti.
Text (D3 Keperawatan)
LTA Gita Agustya.pdf Download (5MB) |
Abstract
Masalah utama gangguan jiwa didunia adalah Skizofrenia, skizofrenia yaitu masalah psikosa fungsional dengan gangguan utama pada proses pikir. Prevelensi skizofrenia di dunia lebih dari 90% mengalami halusinasi pendengaran. Halusinasi Pendengaran yaitu mendengar suara-suara yang tidak berhubungan dengan stimulasi nyata yang orang lain tidak dapat mendengar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran asuhan keperawatan dengan pemberian terapi Thought Stopping dalam menurunkan halusinasi pendengaran. Metodelogi Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rencana studi kasus dan menggunakan pendekatan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan, dan evaluasi keperawatan. Hasil studi kasus setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 10 hari latihan pasien mengontrol halusinasi pendengaran dengan menggunakan terapi thought stopping dikatakan berhasil. Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam melakukan asuhan keperawatan jiwa secara optimal dan sesuai SOP yang telah ada, serta dapat melakukan tindakan yang menjadi hambatan dan kesulitan selama penulis melakukan penelitian, yaitu berupa melaksanakan strategi pelaksanaan terhadap keluarga pasien, dan melakukan seluruh tindakan keperawatan sesuai standar intervensi keperawatan indonesia. Kata kunci: Skizofrenia, Halusinasi Pendengaran, Terapi Thought stopping
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | D3 Keperawatan |
Depositing User: | Library STIKes Sapta Bakti |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:41 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:41 |
URI: | http://repository.stikessaptabakti.ac.id/id/eprint/311 |
Actions (login required)
View Item |