Putri Athamila, Falin and Hermanto, Deno (2024) PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TERHADAP PENGGUNAAN G. HOSPITAL INFORMATION SYSTEM (GHIS) PADA PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti.
![]() |
Text (S1 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan)
A. PROPOSAL SKRIPSI FALIN.AP PERSEPSI GHIS 202004007 convert.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Masalah: Sistem teknologi informasi diterapkan dalam bidang kesehatan salah satunya adalah RME dengan nama G. Hospital Information System (GHIS) yang belum dapat digunakan secara maksimal, belum dapat melakukan TTD elektronik, menu belum sesuai dengan kebutuhan tenaga kesehatan, dan belum ada pelatihan yang dilakukan secara berkala. Memahami persepsi tenaga kesehatan berperan penting dalam kesuksesan implementasi sistem. Tujuan: Diketahui persepsi tenaga kesehatan terhadap penggunaan GHIS pada pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif melalui pendekatan cross sectional, menggunakan data primer yang diolah secara univariat. Populasi penelitian ini 140 tenaga kesehatan, dengan sampel penelitian 37 tenaga kesehatan. Hasil: Penelitian menunjukkan tenaga kesehatan yang menggunakan GHIS dengan persepsi baik, dokter ekspektasi kinerja 72.7% setuju, ekspektasi usaha 81.8% setuju, pengaruh sosial 63.6% setuju, kondisi fasilitas 90.9% setuju. Perawat ekspektasi kinerja 84.6% setuju, ekspektasi usaha 69.2% setuju, pengaruh sosial 69.2% setuju, kondisi fasilitas 92.3% setuju. RM ekspektasi kinerja 60% setuju, ekspektasi usaha 60% setuju pengaruh sosial 100% setuju, kondisi fasilitas 80% setuju. Radiologi ekspektasi kinerja 50% setuju, ekspektasi usaha 50% setuju, pengaruh sosial 50% setuju, kondisi fasilitas 50% setuju. Laboratorium ekspektasi kinerja 50% setuju, ekspektasi usaha 75% setuju, pengaruh sosial 75% setuju, kondisi fasilitas 75% setuju. Loket pembayaran ekspektasi kinerja 50% setuju, ekspektasi usaha 50% setuju, pengaruh sosial 100% setuju, kondisi fasilitas 50% setuju. Saran: Direktur rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan kinerja tenaga kesehatan dengan melakukan pelatihan dan mengembangkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kesehatan. Kata Kunci: Teknologi Informasi, GHIS, Persepsi Referensi: 2017 – 2024
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | S1 Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Depositing User: | Library STIKes Sapta Bakti |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 03:29 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 03:29 |
URI: | http://repository.stikessaptabakti.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |