Finesa Nopri, Elga and Hermanto, Deno (2024) HUBUNGAN KECEPATAN WAKTU PELAYANAN PENDAFTARAN BPJS DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS DERMAYU KABUPATEN SELUMA. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sapta Bakti.
![]() |
Text (S1 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan)
SKRIPSI ELGA 1 oktober 2024 (2) convert.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Masalah : Menurut Depkes RI, 2008 dalam Muttaqin et al, 2023 Standar pelayanan minimal yang ada di rekam medis, yaitu keterisian rekam medis 1 x 24 jam sejak pasien pulang oleh dokter yang merawat, penyediaan rekam medis rawat jalan dalam waktu ≤10 menit. Berdasarkan survei awal observasi pada tanggal 10 juli 2024 di Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma masih terdapat ketidak sesuaian dengan standar pelayanan minimal khusus pada pasien rawat jalan khususnya pasien BPJS sehingga mengakibatkan pelayanan pasien merasa tidak puas berdasarkan permasalahan yang ada karena itu peneliti tertarik untuk meneliti hubungan kecepatan waktu pelayanan pendaftaran BPJS dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma. Tujuan : Mengetahui hubungan kecepatan waktu pelayanan pendaftaran BPJS dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah kunjungan pasien rawat jalan Puskesma Dermayu Kabupaten Seluma di bulan agustus. Pengambilan sampel menggunakan digunakan adalah Sampling Insidental (Accidental Sampling) dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pengumpulan data dilakukan observasi dengan cara metode observasi dan wawancara. Data yang sudah terkumpul selanjutnya akan dikelompokkan berdasarkan kode yang ada. Hasil : Gambaran pengaruh kecepatan pelayanan pendaftaran BPJS sebagian besar dikategorikan lambat, gambaran kepuasan pasien rawat jalan sebagian besar dikategorikan puas, dan terdapat hubungan yang signifikan antara kecepatan waktu pelayanan pendaftaran BPJS dengan kepuasan pasien rawat jalan diperoleh nilai p-value (0,000) < α (0,05). Saran : Diharapkan bagi petugas rekam medis agar lebih memperhatikan waktu tunggu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan < dari 10 menit dan diharapkan memenuhi standar untuk menjalankan pekerjaan di rekam medis, dikarenakan seorang perekam medis harus menguasai kompetensi pokok yang telah ditetapkan untuk dapat menjalankan kegiatan rekam medis dan informasi kesehatan. Kata kunci: waktu tunggu, pelayanan, pendaftaran, kepuasan pasien Referensi : (2008-2024)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | S1 Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Depositing User: | Library STIKes Sapta Bakti |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 07:47 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 07:47 |
URI: | http://repository.stikessaptabakti.ac.id/id/eprint/465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |