UNSPECIFIED (2022) ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU BERSALIN DENGAN ENDORPHIN MASSAGE UNTUK MENURUNKAN INTENSITAS NYERI KALA I FASE AKTIF DI PMB “S” SAWAH LEBAR KOTA BENGKUL. Diploma thesis, STIKes Sapta Bakti.
![]() |
Text
LTA - HOFISTA YEXSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Persalinan pada ibu hamil merupakan proses fisiologis yang dapat menyertai sebagian besar kehidupan wanita. Persalinan merupakan proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup dari dalam uterus ke dunia luar. Sebagian besar (90%) persalinan disertai rasa nyeri. Nyeri selama persalinan umumnya terasa hebat dan hanya 2-4% yang mengalami nyeri ringan selama persalinan. Nyeri persalinan terjadi karena adanya proses penurunan pada kepala ke dalam rongga panggul dengan menekan syaraf pudendal yang menyebabkan timbulnya sensasi rasa nyeri yang dialami ibu bersalin. Salah-satu penatalaksanaan nyeri persalinan pada ibu bersalin yaitu endorphin massage yang merupakan salah-satu Teknik pijat untuk mengurangi intensitas nyeri pada ibu bersalin kala I fase aktif. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil TM III, penurunan intensitas nyeri pada ibu bersalin, nifas normal, bayi baru lahir sehat sampai menjadi akseptor KB di PMB Satiarmi, SST. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian adalah adalah individu, ibu yang sedang inpartu kala I fase aktif persalinan. Hasil studi kasus ini yaitu kehamilan normal, pada proses persalinan kala I terdapat penurunan intensitas skala nyeri 6 menjadi 3 setelah dilakukan endorphin massage. Bayi baru lahir sehat, masa nifas berjalan normal tanpa komplikasi hingga ibu menjadi akseptor KB Suntik 3 bulan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | D3 Kebidanan |
Depositing User: | Library STIKes Sapta Bakti |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 04:42 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 04:42 |
URI: | http://repository.stikessaptabakti.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |